4 CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG PADA BAYI

Perut kembung pada bayi bikin bayi tak nyaman hingga dia jadi rewel serta kerap menangis. Sesungguhnya kembung pada bayi umur 3 hingga 4 bulan ialah hal yang lumrah, karena saluran pencernaannya belum berperan prima. Bersamaan menambahnya umur, mereka pula bakal kerap alami perut kembung lantaran mulai coba makanan yang tidak sama untuk pertama kalinya.

Di bagian perut memanglah ada gas atau udara, tetapi sebagai permasalahan bila gas di dalamnya berlebihan. Pada anak yang semakin besar atau orang dewasa, gas itu bisa dengan gampang di keluarkan. Namun pada bayi, tak semuanya bayi bisa dengan gampang keluarkan gas dari dalam perutnya, mereka memerlukan pertolongan untuk mengeluarkannya.

1. Tanda Perut Kembung Pada Bayi

Apabila bayi mulai rewel serta menangis tanpa ada argumen yang pasti, coba untuk mengecek sisi perutnya. Bila perut bayi merasa agak keras, serta sering kali buang angin, ini adalah sinyal perut bayi kembung. Kecuali rewel serta menangis, cermati juga gerakan bayi. Bila dia kerap menggeliat serta melengkungkan punggungnya ke belakang, dan mengangkat ke-2 kakinya, bisa jadi tanda kalau dia tengah merasakan kembung.

2. Cara Menangani Perut Kembung Pada Bayi

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menangani masalah perut kembung pada bayi. Pertama, sesudah bayi minum susu, gendonglah bayi dengan posisi terlentang, angkat ke-2 kakinya serta gerakan seperti tengah mengendarai sepeda. Gerakan ini bisa menolong keluarkan gas dari perut bayi. Selain itu, dengan memijat perlahan-lahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam. Sama dengan gerakan terlebih dulu, cara ini bisa dikerjakan dengan posisi tidur. Anda juga dapat mengusap-usap punggungnya dengan menempatkan bayi diatas ke-2 paha Anda dengan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup. Cara selanjutnya, sesudah bayi minum susu, gendonglah bayi dengan posisi tegak supaya susu bisa dengan cara perlahan-lahan serta lancar masuk kedalam perut hingga tak menyebabkan permasalahan perut. Dan susui bayi Anda sebelum dia terasa lapar. Hal ini dapat meminimalisir peluang perut kembung pada bayi akibat masuk angin.

Perut kembung pada bayi juga dapat jadi sinyal adanya permasalahan pencernaan yang serius, oleh karena itu bila bayi makin rewel, susah untuk buang air besar, muntah, atau bahkan juga demam, sebaiknya Anda langsung menghubungi dokter. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terutama bagi kalangan ibu-ibu.