Apakah Radang Gusi Bisa Memicu Kanker

Kebanyakan orang menyepelekan radang gusi karena menganggapnya sebagai masalah kesehatan yang ringan. Bahkan, banyak orang yang malas mengobatinya karena berpikir jika radang gusi akan sembuh dengan sendirinya. Padahal, jika dibiarkan, radang gusi bisa memicu datangnya kanker. Bagaimana bisa penyakit pada gusi bisa memicu masalah kesehatan yang mematikan tersebut?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Tufts University yang ada di Amerika Serikat, disebutkan bahwa mengalami periodontitis atau radang gusi akan meningkatkan resiko terkena kanker paru dan kanker usus hingga 80 persen. Bahkan, jika dibandingkan dengan para perokok, resiko para penderita radang gusi untuk terkena kanker paru ternyata 2 kali lipat lebih besar.

Penelitian lain yang dilakukan di Helsinki University, Finlandia, berhasil menemukan fakta bahwa saat terjadi peradangan pada gusi, terdapat bakteri bernama treponema denticola yang berkembang dengan pesat. Yang menjadi masalah adalah bakteri ini bisa menyebar hingga ke pankreas dan menyebabkan tumbuhnya tumor. Timo Sorsa, salah seorang professor dari Helsinki University menyebutkan bahwa radang gusi ternyata jauh lebih berbahaya dari yang kita duga sebelumnya.

Karena mengalami peradangan pada gusi, maka bakteri mulut akan cenderung lebih mudah menyebar ke bagian tubuh lain dan hal inilah yang diduga menyebabkan terbentuknya kanker. Karena alasan inilah ada baiknya kita kini lebih baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut dan segera memeriksakan kondisi gigi dan gusi jika mulai merasakan adanya masalah.(sumber:doktersehat.com)