RSUD dr. ABDUL AZIZ Gelar Bincang Sehat Lansia Aktif & Produktif Era Milenial

bincang lansia era millenial

Meningkatnya jumlah lansia menjadi indikator semakin sehatnya penduduk Indonesia karena usia harapan hidupnya meningkat, meskipun disisi lain produktivitas mereka menurun. Proses penuaan penduduk tentunya berdampak pada berbagai aspek kehidupan, terutama kesehatan, karena dengan semakin bertambahnya usia, fungsi organ tubuh dan kualitas hidup akan semakin menurun. Terdapat sepuluh besar masalah kesehatan pada lansia yang menjalani pengobatan di RSUD dr. Abdul Aziz antara lain penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes melitus dan low back pain serta gangguan penglihatan seperti katarak. Dengan meningkatnya usia harapan hidup, maka prevalensi penyakit degeneratif juga akan cenderung semakin meningkat.

Tujuan diadakan Bincang Sehat Lansia Aktif & Produktif

Oleh karena itu, RSUD dr. Abdul Aziz melaksanakan kegiatan Bincang Sehat Lansia Aktif dan Produktif yang bertepatan dengan bulan lansia. Kegiatan yang dilakukan sesuai dengan standar nasional akreditasi rumah sakit (SNARS) edisi 1 di program standar nasional akreditasi rumah sakit pada pelayanan geriatri dan manajemen komunikasi dan edukasi (MKE).

Kedepannya rumah sakit mampu melakukan promosi dan edukasi sebagai bagian dari pelayanan kesehatan warga lanjut usia di masyarakat berbasis rumah sakit (Hospital Based Community Geriatric Service). Salah satu kegiatan pelayanan lansia adalah melakukan edukasi kepada pasien, keluarga dan masyarakat rumah sakit.

Adapun beberapa Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Memberikan edukasi kepada pasien, keluarga dan masyarakat rumah sakit terkait kesehatan mata menjelang lansia.
  2. Memberikan edukasi peningkatan kualitas hidup berpenampilan cantik dan menarik kepada pasien, keluarga dan masyarakat rumah sakit menjelang lansia.
  3. Memberikan edukasi pola hidup sehat selama ramadhan.

Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah pasien lansia yang rutin berobat di rumah sakit, guru Sekolah Dasar di wilayah Singkawang Barat, serta bekerja sama dengan posyandu lansia binaan Puskesmas Singkawang Tengah 1. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 30 April 2019 pukul 08.00 – 13.00 WIB di Ruang Pertemuan (Aula) RSUD dr. Abdul Aziz. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz bapak dr. Carlos Dja’afara, M. Kes serta dihadiri oleh bapak Ns. Jukarni, S.Kep., M.Si. (Kabid Kesehatan Masyarakat) dari Dinas Kesehatan & Keluarga Berencana Kota Singkawang. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pihak manajerial rumah sakit antara lain Wadir Pelayanan,  Wadir Umum & Keuangan, pihak manajemen serta 30 orang peserta.

Kegiatan tersebut melibatkan interdisiplin profesian antara lain dari medis dr. Djoko S Tardan, Sp.M dengan materi mata sehat bagi lansia. Dari keperawatan bapak Mulyadi, SKM (Kabid Keperawatan & Kebidanan) dengan materi terkait perawatan lansia dengan metode self care. Dari gizi bapak Edi Rosadi, S.Gz (Kepala Instalasi Gizi) terkait lansia dengan gizi seimbang. Serta dari farmasi Neisya Nadya, S. Farm, Apt (apoteker instalasi farmasi rawat jalan) terkait lansia dengan konsumsi obat di bulan ramadhan.

Untuk tindak lanjut dari acara ini adalah akan dibuat klub lansia setiap sebulan sekali yang berisi kelas edukasi perawatan diri penyakit degeneratif, senam kebugaran, skrining kesehatan serta layanan homevisit. Kegiatan ini untuk mendukung program nasional dalam akreditasi SNARS edisi 1 tahun 2019 dalam upaya peningkatan keselamatan pasien melalui promosi kesehatan dan upaya peningkatan kualitas hidup lansia.