Halaman Standar Pelayanan Masih Kosong 

HP/SMS/WA : 0821-5096-5188
EMAIL : aduan.rsudaa@gmail.com
FACEBOOK : RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang
WEBSITE : www.rsudabdulaziz.com

Desain Banner Alur Penanganan di RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang

(Foto Bersama RSUD dr. Abdul Aziz dengan BNNK Singkawang)

Singkawang – Dalam upaya mendukung pemberantasan narkotika di Kota Singkawang, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz melakukan kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Singkawang dengan penandatangan MoU dan pada saat yang bersamaan Direktur RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang menyerahkan alat Mobile Set pada hari Jumat tanggal 10 Mei 2019.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Dalam meningkatkan motivasi kinerja pegawai, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz Kota Singkawang memberikan penghargaan kepada 26 orang pegawai sebagai Pegawai Teladan periode bulan Mei tahun 2019. Pemberian penghargaan tersebut digelar di Aula RSUD dr. Abdul Aziz pada Sabtu 04 Mei pekan lalu. Program pemberian penghargaan tersebut sebelumnya telah melalui proses penilaian dari tim penilai rumah sakit.

0
0
0
s2smodern

PEMBERITAHUAN : KAMI SEGENAP MANAJEMEN DAN JAJARAN RSUD dr. ABDUL AZIZ MENGHIMBAU KEPADA SELURUH KHALAYAK RAMAI BAHWA SAAT INI TENGAH MARAK AKSI PENIPUAN YANG DILAKUKAN OLEH OKNUM YANG TIDAK BERTANGGUNGJAWAB DENGAN MODUS MENELPON ORANG TUA KORBAN DAN MENGINFORMASIKAN BAHWA ANGGOTA KELUARGANYA TERSEBUT DALAM KEADAAN SAKIT DARURAT DAN AKAN SEGERA DI OPERASI.

0
0
0
s2smodern

Meningkatnya jumlah lansia menjadi indikator semakin sehatnya penduduk Indonesia karena usia harapan hidupnya meningkat, meskipun disisi lain produktivitas mereka menurun. Proses penuaan penduduk tentunya berdampak pada berbagai aspek kehidupan, terutama kesehatan, karena dengan semakin bertambahnya usia, fungsi organ tubuh dan kualitas hidup akan semakin menurun. Terdapat sepuluh besar masalah kesehatan pada lansia yang menjalani pengobatan di RSUD dr. Abdul Aziz antara lain penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes melitus dan low back pain serta gangguan penglihatan seperti katarak. Dengan meningkatnya usia harapan hidup, maka prevalensi penyakit degeneratif juga akan cenderung semakin meningkat.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Usai melalui babak penyisihan yang tidak mudah, Tim Bola Voli RSUD dr. Abdul Aziz berhasil merebut gelar juara Kedua dalam Turnamen Bola Voli Danbrigif CUP Ke-IV yang digelar pada pertengahan bulan Maret tahun 2019 lalu. Keberhasilan kali ini merupakan yang kesekian kalinya diraih oleh Tim Bola Voli RSUD dr. Abdul Aziz diberbagai ajang turnamen. Meski meraih juara kedua, Tim Bola Voli rumah sakit tetap semangat untuk mengejar gelar juara pada turnamen berikutnya.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Senin 22 April 2019 kegiatan Hari Kartini di awali  dengan Apel  yang di pimpin langsung oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz (dr.Carlos Dja’afara).Tujuannya agar tidak lupa dengan nilai-nilai luhur perempuan Indonesia melalui perjuangan Kartini serta menerapkan semangat perjuangan Kartini. Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada senin kemarin, RSUD dr. Abdul Aziz membagikan bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada karu dan manajemen.

0
0
0
s2smodern

Masa nifas adalah dua jam setelah kelahiran placenta sampai enam minggu berikutnya. Diperlukan perawatan berkelanjutan pada ibu pasca melahirkan salah satunya melalui kegiatan senam nifas. Senam nifas merupakan latihan gerak yang dilakukan segera mungkin setelah kelahiran, supaya otot-otot mengalami perenggangan selama kehamilan dan kembali seperti semula (Ervinasby, 2008).

Oleh karena itu, RSUD dr. Abdul Aziz melaksanakan senam nifas untuk mendapatkan asupan oksigen yang cukup, memberi tenaga, mengurangi kelelahan, memperlancar sirkulasi darah dan mencegah bengkak pada kaki. Kagiatan ini untuk memenuhi kebutuhan layanan rumah sakit ibu dan bayi dimana data jumlah pasien nifas tahun 2018 sebanyak 1.364 orang.Singkawang.

0
0
0
s2smodern

 

Singkawang - RSUD Dr. Abdul Aziz mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah sakit pada hari Jumat tanggal 12 April 2019. Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB tersebut difokuskan pada bagian halaman depan dan samping rumah sakit. Hal ini dikarenakan beberapa pohon lindung yang ada di halaman dan saluran sanitasi rumah sakit wajib bersih.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD dr. Abdul Aziz mengutus dua pegawai rumah sakit yang bertugas sebagai Case Manager untuk mengikuti Workshop Manager pelayanan pasien Rumah Sakit di Yogjakarta pada tanggal 28 – 29 Maret 2019. Melalui workshop ini diharapkan case manager rumah sakit mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang tugas dan fungsi sebagai Manager Pelayanan pasien yang berfokus pada keselamtan pasien.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Sebanyak tiga orang pegawai Rumah Sakit Umum Daerah RSUD dr. Abdul Aziz yang tergabung dalam Unit Pelayanan Pengaduan Rumah Sakit mengikuti Workshop Optimalisasi Peran Humas dan Marketing Dalam Membangun Citra Positif Serta Strategi Pemasaran Yang Efektif Guna Meningkatkan pendapatan Bagi Rumah Sakit di Yogjakarta pada tanggal 25 -27 Maret 2019.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebanyak 27 orang Calon Pegawai Negeri Sipil yang lulus pada tahun anggaran 2018 telah mulai melaksanakan tugas pada tanggal 1 April 2019. 27 orang CPNS tersebut mulai aktif bekerja yang dimulai dengan masa orientasi atau pengenalan lingkungan dan budaya kerja di Rumah Sakit.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Menjelang pelaksanaan penilaian verifikasi kedua  RSUD Pemangkat  melaksanakan kaji banding di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz Kamis, 28 Maret 2019. Dalam kunjungan tersebut disambut langsung oleh wadir pelayanan RSUD dr. Abdul Aziz dr. Lulu Nonaria, bersama staf dan jajarannya di ruang Aula rumah sakit. Usai pembukaan kunjungan, masing-masing pokja dari RSUD Pemangkat melakukan diskusi bersama pokja akreditasi RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang. Kegiatan selanjutnya adalah kunjungan lapangan  ke instalasi farmasi dan Promosi Kesehatan, manfaat dari kunjungan ini adalah memantapkan program kerja di instalasi farmasi dan PKRS serta memperkuat persiapan verifikasi akreditasi ke II di rumah sakit Pemangkat. Kunjungan studi banding tersebut disambut baik oleh bidang Farmasi Klinis dan Promosi Kesehatan rumah sakit di RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Pentingnya bimbingan spiritual dalam kesehatan telah menjadi ketetapan WHO yang menyatakan aspek agama ( spiritual ) merupakan salah satu unsur dari pengertian kesehatan seutuhnya ( WHO, 1984 ). Untuk itu Rumah Sakit Perlu mengadakan kegiatan pelayanan Bimbingan Rohani Pasien di Rumah Sakit, sebagai langkah konkrit untuk membantu pasien dalam proses penyembuhannya.  Bimbingan rohani pasien adalah bentuk kegiatan yang di dalamnya terjadi proses bimbingan dan pembinaan rohani kepada pasien di rumah sakit sebagai bentuk kepedulian kepada mereka yang  sedang mendapat ujian dari Tuhan YME. Dalam kegiatan tersebut bagaimana seorang rohaniawan dapat memberikan ketenangan, kedamaian dan kesejukan hati kepada pasien dengan senantiasa memberikan dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar, tawakal dan tetap menjalankan kewajibannya sebagai hamba Tuhan.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Menjelang persiapan akreditasi rumah sakit, rombongan tim Komite Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Pemangkat Kabupaten Sambas melakukan studi banding ke RSUD dr. Abdul Aziz pada Kamis 21 Februari 2019. Studi banding yang dilakukan tersebut lebih difokuskan pada tata kelola Komite Keperawatan. Kunjungan studi banding ini disambut baik oleh tim Komite Keperawatan RSUD dr. Abdul Aziz hingga proses studi selesai.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Dalam meningkatkan motivasi kinerja pegawai, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz memberikan penghargaan kepada 27 orang pegawai sebagai Pegawai Teladan periode bulan Januari tahun 2019. Pemberian penghargaan tersebut digelar di ruang Aula RSUD dr. Abdul Aziz pada Sabtu 9 Februari pekan lalu. Program pemberian penghargaan tersebut sebelumnya telah melalui proses penilaian dari tim penilai rumah sakit.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, S.E. secara resmi membuka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Gratis Bibir Sumbing yang digelar di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz pada tanggal 9-10 Januari 2019. Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Aula rumah sakit yang turut dihadiri oleh Kepala BPJS Cabang Singkawang, Direktur RSUD dr. Abdul Aziz bersama staf dan jajaran serta Perwakilan Yayasan Sosial Kemanusiaan Karya Hati Insani Semarang. Usai membuka secara resmi kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing, rombongan Walikota menyerahkan secara langsung paket medis kepada para pasien operasi di ruang perawatan. 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz telah melakukan Verifikasi Akreditasi II KARS Versi 2012 pada Jumat 14 Desember 2018. Proses verifikasi akreditasi tersebut dilakukan secara langsung oleh tim survey dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Dalam verifikasi yang dilakukan selama satu hari, Surveior tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan administrasi namun juga melakukan peninjauan lapangan disejumlah titik pelayanan kesehatan rumah sakit.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Diabetes melitus adalah isu penting di Indonesia dikarenakan penyebab ketiga kematian dan kecacatan di Indonesia. 10.3 juta orang dewasa menderita diabetes (riskesdas 2017). Oleh karena itu deteksi dini tidak cukup dengan pemeriksaan gula darah tetapi diperlukan pemeriksaan HbA1c yaitu hb yg berikatan dengan gula. Pemeriksaan HbA1c bisa memonitor kedisiplinan pasien diabetes dalam mengendalikan gula darah.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Berdasarkan Surat Tugas Walikota Nomor 090/267/SETDA.Umum-D tanggal 15 November 2018 Tentang Bimbingan Teknis Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), RSUD dr. Abdul Aziz mengirim tiga pegawai rumah sakit untuk mengikuti kegiatan Bimtek tersebut selama tiga hari sejak tanggal 21 – 23 November 2018. Melalui kegiatan Bimtek tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Bahaya merokok bukan saja pada perokok tetapi juga berdampak pada orang-orang disekelilingnya (perokok pasif). Tiap tahunnya jumlah perokok semakin meningkat. Jumlah perokok di seluruh dunia meningkat menjadi hampir 1 miliar orang dan sejumlah negara termasuk Indonesia dan Rusia lebih dari separuh jumlah penduduk laki-laki merokok setiap hari. Peningkatan jumlah perokok terjadi karena adanya peningkatan jumlah penduduk yang meningkat 2 kali lipat selama 50 tahun terakhir. Proporsi terbanyak perokok aktif setiap hari pada umur 30-34 tahun sebesar 33,4%, pada laki-laki lebih banyak di bandingkan perokok perempuan (47,5% banding 1,1%) (Riskesdas, 2013).

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia memberikan Penghargaan kepada RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Baik pada tahun 2018. Dalam penghargaan tersebut, sebelumnya telah melalui tahapan evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim dari KEMENPAN-RB.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang - RSUD dr Abdul Aziz Singkawang diundang pada Konfrensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kementerian Kesehatan ke-4 (27 sampai 30 November 2018) di jakarta. Kehadairan tersebut untuk memenuhi undangan dalam rangka mempresentasikan inovasi layanan dalam bentuk presentasi oral dan poster. Presentasi oral berupa memanjakan layanan edukasi sepenuh hati (Manjakani Simelati) dan peningkatan pendidikan pasien dan keluarga dengan pendekatan budaya. Untuk sesi poster menampilkan pos layanan konseling cepat tanggap farmasi rawat jalan (Poskamling Nasi Cetar).

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 54, Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana menggelar Apel dengan menggunakan busana adat. Pada pelaksanaan apel HKN ke 54 tersebut Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz turut ikut ambil bagian sebagai peserta apel.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Guna meningkatkan komunikasi yang baik dan benar antar satu sama lain, RSUD dr. Abdul Aziz kembali menggelar Workshop Komunikasi Efektif Untuk Keselamatan Pasien Angkatan VI. Komunikasi efektif merupakan kunci mencapai keselamatan pasien. Berdasarkan data yang ada, menunjukan satu orang pasien akan bertemu 15 petugas rumah sakit diantaranya Profesional Pemberi Asuhan (PPA).

Berlatar belakang hal tersebut PPA perlu mempraktikan komunikasi yang efektif dengan pasien. Workshop komunikasi efektif diikuti oleh seluruh aparatur rumah sakit sebanyak 60 orang baik dari profesional pemberi asuhan, tenaga penunjang pelayanan,  manajemen, adminitrasi, satuan pengamanan sampai petugas kebersihan.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz Kota Singkawang menggelar bazar dokumen yang digelar di selasar rumah sakit pada Kamis 8 November lalu. Perhelatan bazar dokumen tersebut diikuti oleh tiga Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari Pokja Manajemen, Pokja Medis dan Pokja Keperawatan.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Pemerintah Kota Singkawang menggelar bhakti sosial (baksos) ke sejumlah rumah sakit yang ada di Singkawang. Baksos tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie,SE bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana serts staf dan jajarannya. Dalam baksos tersebut menyerahkan bingkisan Hiegiene Personal kepada para pasien kelas tiga. Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz, menjadi rumah sakit pertama yang menjadi tempat pembagian bingkisan Hiegiene Personal sebanyak 128 bingkisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0
0
0
s2smodern

 

Singkawang – Guna meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia dalam penanganan bencana, Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) RSUD dr. Abdul Aziz menggelar simulasi pemadaman kebakaran pada Jumat 26 Oktober 2018. Pelaksanaan simulasi tersebut dilakukan di halaman belakang rumah sakit yang diikuti puluhan pegawai rumah sakit. Simulasi pemadaman kebakaran yang diberikan tersebut berfokus pada pemadaman api dengan menggunakan dua metode diantaranya menggunakan kain atau karung basah dan APAR.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Menjelang pelaksanaan penilaian akreditasi, Rumah Sakit Bhayangkara Tk. IV Polda Kalbar mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz Singkawang 20 Desember 2018. Dalam kunjungan tersebut disambut langsung oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz, dr. Carlos Djafaara,M.Kes bersama staf dan jajarannya di ruang Aula rumah sakit. Usai pembukaan kunjungan, masing-masing pokja dari rumah sakit Bhayangkara melakukan diskusi bersama pokja akreditasi RSUD dr. Abdul Aziz.

 

 

 

 

 

 

0
0
0
s2smodern

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Singkawang – Rangkaian kegiatan Pameran Singkawang Expo tahun 2018 Kota Singkawang telah usai digelar. Dari berbagai kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh pihak penyelenggara Singkawang Expo, RSUD dr. Abdul Aziz akhirnya meraih dua piala yakni Juara Satu lomba Senam Maumere dan Juara II Stand Expo. Dua juara yang berhasil diraih tersebut merupakan kerja keras dari tim rumah sakit yang bekerja sama dan berkomitmen dalam rangka menyukseskan Hari Jadi Pembentukan Pemerintah Kota Singkawang.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Sebanyak 37 orang tenaga perawat Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz secara resmi menerima penyerahan Surat Keputusan Klinis dan Rincian Kewenangan Klinis ( SPK-RKK) Perawat Klinis (PK) Level Dua di ruang aula rumah sakit pada 4 Desember 2018. Sebelumnya mendapatkan SK-RKK tersebut, perawat wajib mengikuti tahapan uji kompetensi yang dilakukan oleh tim penilai. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kejelasan kewenangan bagi setiap tenaga keperawatan dan menjadikan pedoman dalam melaksanakan peran dan tugas dalam memberi asuhan keperawatan.

 

 

 

0
0
0
s2smodern