Singkawang – Menjelang persiapan akreditasi rumah sakit, rombongan tim Komite Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Pemangkat Kabupaten Sambas melakukan studi banding ke RSUD dr. Abdul Aziz pada Kamis 21 Februari 2019. Studi banding yang dilakukan tersebut lebih difokuskan pada tata kelola Komite Keperawatan. Kunjungan studi banding ini disambut baik oleh tim Komite Keperawatan RSUD dr. Abdul Aziz hingga proses studi selesai.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Dalam meningkatkan motivasi kinerja pegawai, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz memberikan penghargaan kepada 27 orang pegawai sebagai Pegawai Teladan periode bulan Januari tahun 2019. Pemberian penghargaan tersebut digelar di ruang Aula RSUD dr. Abdul Aziz pada Sabtu 9 Februari pekan lalu. Program pemberian penghargaan tersebut sebelumnya telah melalui proses penilaian dari tim penilai rumah sakit.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie, S.E. secara resmi membuka Kegiatan Bakti Sosial Operasi Gratis Bibir Sumbing yang digelar di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz pada tanggal 9-10 Januari 2019. Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Aula rumah sakit yang turut dihadiri oleh Kepala BPJS Cabang Singkawang, Direktur RSUD dr. Abdul Aziz bersama staf dan jajaran serta Perwakilan Yayasan Sosial Kemanusiaan Karya Hati Insani Semarang. Usai membuka secara resmi kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing, rombongan Walikota menyerahkan secara langsung paket medis kepada para pasien operasi di ruang perawatan. 

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Diabetes melitus adalah isu penting di Indonesia dikarenakan penyebab ketiga kematian dan kecacatan di Indonesia. 10.3 juta orang dewasa menderita diabetes (riskesdas 2017). Oleh karena itu deteksi dini tidak cukup dengan pemeriksaan gula darah tetapi diperlukan pemeriksaan HbA1c yaitu hb yg berikatan dengan gula. Pemeriksaan HbA1c bisa memonitor kedisiplinan pasien diabetes dalam mengendalikan gula darah.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Bahaya merokok bukan saja pada perokok tetapi juga berdampak pada orang-orang disekelilingnya (perokok pasif). Tiap tahunnya jumlah perokok semakin meningkat. Jumlah perokok di seluruh dunia meningkat menjadi hampir 1 miliar orang dan sejumlah negara termasuk Indonesia dan Rusia lebih dari separuh jumlah penduduk laki-laki merokok setiap hari. Peningkatan jumlah perokok terjadi karena adanya peningkatan jumlah penduduk yang meningkat 2 kali lipat selama 50 tahun terakhir. Proporsi terbanyak perokok aktif setiap hari pada umur 30-34 tahun sebesar 33,4%, pada laki-laki lebih banyak di bandingkan perokok perempuan (47,5% banding 1,1%) (Riskesdas, 2013).

0
0
0
s2smodern

Singkawang - RSUD dr Abdul Aziz Singkawang diundang pada Konfrensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kementerian Kesehatan ke-4 (27 sampai 30 November 2018) di jakarta. Kehadairan tersebut untuk memenuhi undangan dalam rangka mempresentasikan inovasi layanan dalam bentuk presentasi oral dan poster. Presentasi oral berupa memanjakan layanan edukasi sepenuh hati (Manjakani Simelati) dan peningkatan pendidikan pasien dan keluarga dengan pendekatan budaya. Untuk sesi poster menampilkan pos layanan konseling cepat tanggap farmasi rawat jalan (Poskamling Nasi Cetar).

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Guna meningkatkan komunikasi yang baik dan benar antar satu sama lain, RSUD dr. Abdul Aziz kembali menggelar Workshop Komunikasi Efektif Untuk Keselamatan Pasien Angkatan VI. Komunikasi efektif merupakan kunci mencapai keselamatan pasien. Berdasarkan data yang ada, menunjukan satu orang pasien akan bertemu 15 petugas rumah sakit diantaranya Profesional Pemberi Asuhan (PPA).

Berlatar belakang hal tersebut PPA perlu mempraktikan komunikasi yang efektif dengan pasien. Workshop komunikasi efektif diikuti oleh seluruh aparatur rumah sakit sebanyak 60 orang baik dari profesional pemberi asuhan, tenaga penunjang pelayanan,  manajemen, adminitrasi, satuan pengamanan sampai petugas kebersihan.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Pemerintah Kota Singkawang menggelar bhakti sosial (baksos) ke sejumlah rumah sakit yang ada di Singkawang. Baksos tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie,SE bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana serts staf dan jajarannya. Dalam baksos tersebut menyerahkan bingkisan Hiegiene Personal kepada para pasien kelas tiga. Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz, menjadi rumah sakit pertama yang menjadi tempat pembagian bingkisan Hiegiene Personal sebanyak 128 bingkisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Menjelang pelaksanaan penilaian akreditasi, Rumah Sakit Bhayangkara Tk. IV Polda Kalbar mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz Singkawang 20 Desember 2018. Dalam kunjungan tersebut disambut langsung oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz, dr. Carlos Djafaara,M.Kes bersama staf dan jajarannya di ruang Aula rumah sakit. Usai pembukaan kunjungan, masing-masing pokja dari rumah sakit Bhayangkara melakukan diskusi bersama pokja akreditasi RSUD dr. Abdul Aziz.

 

 

 

 

 

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Sebanyak 37 orang tenaga perawat Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz secara resmi menerima penyerahan Surat Keputusan Klinis dan Rincian Kewenangan Klinis ( SPK-RKK) Perawat Klinis (PK) Level Dua di ruang aula rumah sakit pada 4 Desember 2018. Sebelumnya mendapatkan SK-RKK tersebut, perawat wajib mengikuti tahapan uji kompetensi yang dilakukan oleh tim penilai. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kejelasan kewenangan bagi setiap tenaga keperawatan dan menjadikan pedoman dalam melaksanakan peran dan tugas dalam memberi asuhan keperawatan.

 

 

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz telah melakukan Verifikasi Akreditasi II KARS Versi 2012 pada Jumat 14 Desember 2018. Proses verifikasi akreditasi tersebut dilakukan secara langsung oleh tim survey dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Dalam verifikasi yang dilakukan selama satu hari, Surveior tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan administrasi namun juga melakukan peninjauan lapangan disejumlah titik pelayanan kesehatan rumah sakit.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Berdasarkan Surat Tugas Walikota Nomor 090/267/SETDA.Umum-D tanggal 15 November 2018 Tentang Bimbingan Teknis Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), RSUD dr. Abdul Aziz mengirim tiga pegawai rumah sakit untuk mengikuti kegiatan Bimtek tersebut selama tiga hari sejak tanggal 21 – 23 November 2018. Melalui kegiatan Bimtek tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia memberikan Penghargaan kepada RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Baik pada tahun 2018. Dalam penghargaan tersebut, sebelumnya telah melalui tahapan evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim dari KEMENPAN-RB.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 54, Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana menggelar Apel dengan menggunakan busana adat. Pada pelaksanaan apel HKN ke 54 tersebut Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz turut ikut ambil bagian sebagai peserta apel.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz Kota Singkawang menggelar bazar dokumen yang digelar di selasar rumah sakit pada Kamis 8 November lalu. Perhelatan bazar dokumen tersebut diikuti oleh tiga Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari Pokja Manajemen, Pokja Medis dan Pokja Keperawatan.

0
0
0
s2smodern

 

Singkawang – Guna meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia dalam penanganan bencana, Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) RSUD dr. Abdul Aziz menggelar simulasi pemadaman kebakaran pada Jumat 26 Oktober 2018. Pelaksanaan simulasi tersebut dilakukan di halaman belakang rumah sakit yang diikuti puluhan pegawai rumah sakit. Simulasi pemadaman kebakaran yang diberikan tersebut berfokus pada pemadaman api dengan menggunakan dua metode diantaranya menggunakan kain atau karung basah dan APAR.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan implementasi penilaian Akreditasi serta pemenuhan dokumen, khususnya pada Kelompok Kerja (Pokja) TKRS, KKS, ARK, HPK, IPKP, dan Komite Keperawatan, tim manajemen RSUD dr. Rubini Mempawah melakukan study banding Akreditasi ke RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang pada Selasa 25 September 2018.

0
0
0
s2smodern

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Singkawang – Rangkaian kegiatan Pameran Singkawang Expo tahun 2018 Kota Singkawang telah usai digelar. Dari berbagai kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh pihak penyelenggara Singkawang Expo, RSUD dr. Abdul Aziz akhirnya meraih dua piala yakni Juara Satu lomba Senam Maumere dan Juara II Stand Expo. Dua juara yang berhasil diraih tersebut merupakan kerja keras dari tim rumah sakit yang bekerja sama dan berkomitmen dalam rangka menyukseskan Hari Jadi Pembentukan Pemerintah Kota Singkawang.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan Visi dan Misi Walikota Singkawang, RSUD dr. Abdul Aziz menjadi salah satu objek evaluasi penilaian pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB) pada Rabu 19 September 2018.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – RSUD dr. Abdul Aziz mengikuti Lomba Senam dalam rangka Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang yang ke 17. Lomba senam yang diikuti oleh perwakilan instansi dan pelajar Se - Kota Singkawang tersebut berlangsung di Stadion Kridasana tanggal 19 Oktober 2018. Lomba senam merupakan salah satu agenda dari serangkaian kegiatan Pameran Singkawang Expo tahun 2018. Tim Senam RSUD dr. Abdul Aziz menampilkan Senam Maumere yang berdurasi lebih kurang tujuh menit. Dari hasil lomba tersebut, diumumkan oleh dewan juri pada saat itu juga bersama seluruh peserta lomba. Tim Senam RSUD dr. Abdul Aziz berhasil menjadi juara I. Hal ini dapat diraih berlandaskan komitmen, kekompakan, dan semangat serta dukungan dari seluruh pihak baik langsung maupun tidak langsung.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Kegiatan Workshop Problem Solving For Quality Hospital yang digelar selama dua hari sejak tanggal 18 – 19 September 2018 berjalan dengan lancar. Kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi para pegawai RSUD dr. Abdul Aziz ini resmi ditutup oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz, dr. Carlos Djafaara, M.Kes.  Melalui kegiatan ini diharapkan kepada seluruh para peserta Workshop PSQH dan Outbond angkatan II dapat menjadi semangat dalam bekerja melayani masyarakat dan dapat tanggap dalam mengatasi permasalahan.

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie,SE bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan peninjauan ke Pameran Singkawang Expo pada Kamis malam tanggal 18 Oktober 2018. Dalam peninjauannya, Walikota Singkawang menyempatkan diri untuk singgah ke stand RSUD dr. Abdul Aziz. Saat mengunjungi stand rumah sakit, Walikota Singkawang mendapatkan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh petugas diantaranya pemeriksaan tekanan darah dan konsultasi kesehatan dengan didampingi oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz, dr. Carlos Djafaara, M.Kes.

 

 

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Untuk meningkatkan kualiatas sumber daya manusia, RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang kembali menggelar Workshop Problem Solving For Quality Hospotal (PSQH) dan Outbond Angkatan Kedua selama dua hari di Hotel Palapa Beach Pasir Panjang.

Pelaksanaan Workshop dan Outbond dimulai pada tanggal 18-19 September 2018. Pada workshop kali ini turut menghadikan narasumber yang sama pada Workshop dan Outbond pada angkatan pertama yang berasal dari Universitas Indonesia.

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Dalam meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam menunjang kinerja melayani kesehatan masyarakat, RSUD dr. Abdul Aziz mengirim tiga pegawai untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Akreditasi Pelatihan di tingkat Provinsi Kalimantan Barat.  Kegiatan yang berdasarkan Surat Undangan Nomor 893.3/984/SEKRT-A/IX/2018 tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 7 s.d 8 Oktober 2018. Pelaksanaan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kesehatan yang diikuti sekitar 30 (tiga puluh) peserta dari berbagai daerah.

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Sebanyak lima puluh peserta Workshop Problem Solving For Quality Hospital (PSQH) dan Outbond angkatan pertama yang digelar oleh RSUD dr. Abdul Aziz pada tanggal 11-12 April 2018 lalu secara resmi menerima sertifikat yang diserahkan oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz. Melalui workshop dan outbond yang telah dilaksanakan ini diharapkan kepada peserta yang telah menerima sertifikat dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

0
0
0
s2smodern
Sekjend Kemenkes RI, Untung Suseno Sutarjo saat melihat ruang Unit Pelayanan Pengaduan

Singkawang - Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Kesehatan RI, Untung Suseno Sutarjo bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dr. Andy Jap mengunjungi RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang pada Sabtu 13 Oktober 2018.

Dalam kunjungan tersebut disambut baik oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz, dr. Carlos Djafaara, M.Kes bersama staf dan jajaran. Melalui pintu Unit Gawat Darurat RSUD, rombongan langsung menyusuri sejumlah titik ruang pelayanan rumah sakit, diantaranya Unit Pelayanan Pengaduan.

Di sela-sela kunjungan, Sekjend Kemenkes RI, Untung Suseno Sutarjo menyebutkan paling utama saat ini yakni memperbaiki sistem dalam mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan sebaik-baiknya. Untung juga memuji kemajuan dari RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang yang saat ini sudah banyak mengalami perubahan dan peningkatan.

 

 

0
0
0
s2smodern

Singkawang – Menindaklanjuti Surat Walikota Singkawang No : 090/886/WK/SETDA.Umum-D tanggal 08 Agustus 2018 tentang Bimtek Analisis Beban Kerja Berbasis Online Versi aplikasi Renbut dan Aplikasi SISDMK, empat pegawai RSUD dr. Abdul Aziz mengikuti Bimtek Analisis Beban Kerja Berbasis Online Versi Aplikasi Renbut dan Aplikasi SISDMK di Jogyakarta dari tanggal 27 – 31 Agustus 2018.

Melalui Bimtek ini diharapkan mendapatkan informasi tentang update Data SDM Kesehatan dengan serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoodinasi baik di pusat maupun di daerah yang mampu menghasilkan informasi terkini dan akurat guna mendukung pengembangan dan pemberdayaan SDMK.

0
0
0
s2smodern
Stand RSUD dr. Abdul Aziz siap menerima kunjungan

Singkawang – Dalam rangka Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang, Pemerintah Kota mengelar Pameran Singkawang Expo yang dimulai pada tanggal 13 Oktober 2018 di Stadion Kridasana. Dalam Pameran Singkawang Expo tahun ini, RSUD dr. Abdul Aziz tidak ketinggalan turut juga. Dengan menggunakan konsep Heritage Modern dan memberikan sejumlah pelayanan kesehatan kepada para pengunjung, salah satunya Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.si dan mantan Walikota Singkawang Periode 2012-2017, Drs. H. Awang Ishak, M.Si.

Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si mengunjungi Stand RSUD dr. Abdul Aziz

0
0
0
s2smodern

Singkawang - Guna mengapresiasi dan mendukung perfilman Indonesia, RSUD dr. abdul Aziz menggelar nonton bareng (nobar) film Jejak Cinta di salah satu bioskop modern Kota Singkawang yang tayang perdana, kamis (6/9) siang.

Film yang digarap dengan tema lokasi wajah kota singkawang itu setidaknya berada di lingkungan RSUD dr. abdul aziz menjadi daya tarik tersendiri bagi 360 pegawai RSUD yang difasilitasi oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz. Tidak hanya pegawai, Direktur bersama istri turut mengikuti nobar yang pertama kalinya ini digelar.

Dari total 360 pegawai yang ikut dalam nobar Jejak Cinta ini dibagi menjadi tiga tahap. Dimana pada jam pertama dimulai pada pukul 12.00 wib, kemudian tahap kedua pukul 14.20 wib dan pukul 16.00 wib. Nobar ini juga sebagai langkah memberikan refresing sejenak kepada pegawai yang setiap harinya bekerja melayani masyarakat dan juga meningkatkan rasa kebersamaan antar satu sama lain.

0
0
0
s2smodern

 

Singkawang - Senam adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik agar bermanfaat bagi tubuh.

Semua senam dan aktivitas olahraga ringan tersebut sangat bermanfaat untuk menghambat proses degeneratif/penuaan. Orang melakukan senam secara teratur akan mendapatkan kesegaran jasmani yang baik yang terdiri dari unsur kekuatan otot, kelenturan persendian, kelincahan gerak, keluwesan, cardiovascular fitness dan neuromuscular fitness.

0
0
0
s2smodern