LANSIA HEBAT UNTUK GINJAL YANG SEHAT (KESEHATAN GINJAL UNTUK SEMUA ORANG DIMANA SAJA)

RSUD dr. Abdul Aziz menyelenggarakan kegiatan kelas lansia sebagai upaya pemberdayaan masyarakat risiko tinggi. Kelas lansia diadakan sebulan sekali di awali dengan registrasi pendaftaran peserta hadir, kemudian mengisi KMS (Kartu Menuju Sehat) Lansia Hebat 2020. Lansia mendapatkan pemeriksaan kesehatan antara lain mengukur tekanan darah, GDS (Gula Darah Sewaktu), dan IMT (Indeks Massa Tubuh).


Kelas lansia HEBAT (Sehat, Bahagia, Semangat) telah dilaksanakan kali kedua pada hari Sabtu, tanggal 14 Maret 2020 dengan mengusung Tema” Memperingati Hari Ginjal Sedunia 2020”. Peserta lansia yang hadir bertambah dari bulan lalu 24 peserta menjadi 26 peserta. Kegiatan lansia diawali dengan pemeriksaan kesehatan, kemudian diisi dengan games kelompok yang memicu daya ingat yakni menyampaikan kalimat dari satu orang kepada orang lain dengan estafet.

RSUD dr. Abdul Aziz lebih mengutamakan upaya preventif dan promotif dengan menyelenggarakan edukasi berkaitan dengan penyakit ginjal kronik bersama tim profesional pemberi asuhan yaitu dr. Hartono, Sp.PD dan Bapak Edi Rosyadi, S.Gz. Edukasi kali ini menghadirkan sesi sharing pengalaman dari Bapak Suharno, beliau merupakan salah satu mantan pasien Hemodialisa yang telah melewati masa perjalanan penyakit ginjal selama 5 tahun dan dinyatakan sembuh. Sebagai aktivitas fisik peserta kelas lansia, panitia memberikan ice breaking ringan yaitu senam mumere dipandu oleh Ibu Astuti Lestari, S.ST.
Akhir dari kegiatan kelas lansia adalah pembagian doorprize kepada kategori lansia yang memiliki :

  1. Hasil pemeriksaan fisik normal yaitu :
    Rusminah (72 tahun)
    TD : 109/81 mmHg
    GDS : 173
    BB : 42,5 kg
    TB : 145 cm
    IMT : 20,21
  2. Aktif bertanya yaitu : Bapak Petrus dan Ibu Yusniah
  3. Testimoni games permainan : Ibu Endang dan Bapak Amrani Ahmad
  4. Nilai peningkatan pengetahuan (pre-post test) yaitu Ibu Yusniah (Score tertinggi pertama 80) , Ibu Rezeria dan Bapak Hidayat (Score tertinggi kedua 60)
    Semoga kegiatan kelas lansia selalu dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih sehat, bahagia dan penuh semangat.