Manfaat Rutin Memotong Kuku Bagi Kesehatan

Banyak orang yang cenderung malas memotong kukunya hingga menjadi sangat panjang. Memang, kuku yang panjang cenderung terlihat bersih. Namun, menurut pakar kesehatan, memanjangkan kuku ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita rajin memotong kuku.

Jari akan terasa lebih ringan dan nyaman
Kuku yang pendek akan membuat kita merasakan sensasi lebih ringan dan nyaman. Sebagai contoh, saat kita mengetik atau menggunakan ponsel, kuku yang panjang seringkali akan sangat mengganggu. Dengan membuatnya menjadi lebih pendek, maka kita akan lebih leluasa dalam melakukan berbagai aktifitas.

Mencegah cedera
Kuku yang panjang karena jarang dipotong cenderung lebih mudah patah. Tak hanya itu, kuku yang panjang ­­juga membuat kulit kita rentan tergores atau lecet. Dengan memotongnya, maka kita tidak akan mudah mengalami cedera tersebut.

Lebih bersih
Meskipun kuku panjang seringkali terlihat bersih, sebenarnya di balik kuku ini ada banyak sekali kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan datangnya penyakit. Padahal, kita kerap kali makan dengan menggunakan tangan secara langsung. Jika kita melakukannya saat kuku berada dalam kondisi panjang, maka besar kemungkinan kita akan mengalami masalah pencernaan layaknya diare. Karena alasan inilah ada baiknya kita rajin memotong kuku.

Mencegah infeksi bakteri
Kuku kaki memang cenderung tidak mudah cepat memanjang. Namun, jika kita tidak rajin memotongnya, maka kuku kaki yang cenderung lebih sering berada dalam kondisi tertutup kaus kaki dan sepatu ini akan menjadi lebih lembab dan akhirnya menjadi tempat dimana bakteri bersarang yang bisa saja memicu infeksi.(sumber:doktersehat.com)