Mencerdaskan Lansia Selama Pandemi Covid-19 Sebagai Bentuk Peringatan Hari Lansia Nasional 2020 RSUD dr. ABDUL AZIZ KOTA SINGKAWANG

RSUD dr. Abdul Aziz memperingati Hari Lansia Nasional 2020 dengan mengusung tema “Masyarakat Bahagia, Lansia Sehat Mandiri Diwujudkan Dari Keluarga Sehat”. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Mei 2020 di poliklinik rawat jalan. Pada masa pandemi Covid-19 ini, peserta yang terlibat terbatas karena harus memenuhi protokol kesehatan seperti physical distancing dengan penggunaan masker dan pembatasan jarak duduk sekitar 1 meter sehingga kapasitas ruangan juga terbatas. Kegiatan ini bekerja sama dengan berbagai pihak yaitu tim geriatri, PKRS dan PT.Kalbe sebagai support CSR.


Rangkaian acara dalam peringatan Hari Lansia Nasional 2020 dimulai pukul 09.00 WIB dengan kata sambutan dari Direktur RSUD dr.Abdul Aziz yaitu dr.Ruchanihadi, Sp.PD dan didampingi Ketua Tim Geriatri yaitu dr. Hartono, Sp.PD. Setelah itu, adanya pemberian edukasi yang terdiri dari interdisiplin profesional sebagai narasumber dengan upaya peningkatan promotif dan preventif dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini yaitu :

  1. dr. Hartono, Sp.PD dari profesional medis dengan materi “Pengenalan Covid-19 Untuk Lansia”.
  2. Bapak Edi Rosyadi, S.Gz dari profesional nutrisionis dengan materi “Nutrisi Untuk Peningkatan Daya Tahan Tubuh Lansia”.

Setelah edukasi berakhir, sebagai acara puncak adalah pembagian “Jalinan Cinta Kasih Untuk Lansia Dengan Bingkisan Sehat” antara lain masker kain, hand sanitizer, susu dan leaflet mengenai Covid-19 yang diserahkan kepada peserta lansia di poliklinik rawat jalan dan pasien lansia yang sedang melakukan perawatan di rawat inap.


Pelaksanaan siaran edukasi melalui radio rapensi dalam bentuk peringatan Hari Lansia Nasional 2020 dilaksanakan pada hari Rabu, 03 Juni 2020, pukul 10.00 WIB dapat diaskes melalui streaming @http://rapensi.caster.fm. Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi dengan tema “Perawatan Lansia Selama Pandemi Covid-19. Adapun materi yang diberikan oleh narasumber antara lain :

  1. dr. Hartono Kurniawan, Sp.PD merupakan dokter spesialis penyakit dalam RSUD dr. Abdul Aziz dengan materi “Peningkatan Imunitas Lansia Selama Pandemi Covid-19”.
  2. Ibu Ida Ernida, SHI merupakan Plt Kasubid Penunjang Non Medis dengan materi
    “ Pemulasaran Jenazah Covid-19 Yang Aman”.
  3. Bapak Jumadi, A.Md. Kep merupakan Kasubid Asuhan Keperawatan dengan materi
    “ Peran Keluarga Dalam Menjaga Kesehatan Lansia Selama Pandemi Covid-19”
  4. dr. Diyah Zisnawati merupakan dokter umum RSUD dr. Abdul Aziz dengan materi
    “Pemulasaran Jenazah Covid-19 Yang Aman”.

Di tengah kegiatan siaran edukasi juga dihadiri Ibu Waliota Singkawang yang sedang melakukan bakti sosial ke Dinas Pendidikan Kota Singkawang. Beliau mengapresiasi kegiatan RSUD dr. Abdul Aziz dalam memperingati Hari Lansia Nasional 2020. Beliau berpesan untuk melakukan new normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

Hasil kegiatan edukasi kelompok diikuti sebanyak 20 orang di poliklinik rawat jalan. Sedangkan jumlah penanya 2 orang terkait imunitas lansia. Evaluasi kualitas dengan tanya jawab, peserta dapat mengulang isi materi edukasi yang diberikan.
Pembagian “Jalinan Cinta Kasih Untuk Lansia Dengan Bingkisan Sehat” dengan total bingkisan sehat yaitu 48 paket (20 paket di poliklinik rawat jalan dan 23 paket di rawat inap).
Edukasi melalui siaran radio dengan penanya 3 orang melalui layanan whatsapp.

Hasil kegiatan edukasi kelompok diikuti sebanyak 20 orang di poliklinik rawat jalan. Sedangkan jumlah penanya 2 orang terkait imunitas lansia. Evaluasi kualitas dengan tanya jawab, peserta dapat mengulang isi materi edukasi yang diberikan.
Pembagian “Jalinan Cinta Kasih Untuk Lansia Dengan Bingkisan Sehat” dengan total bingkisan sehat yaitu 48 paket (20 paket di poliklinik rawat jalan dan 23 paket di rawat inap).
Edukasi melalui siaran radio dengan penanya 3 orang melalui layanan whatsapp. Semoga dengan peringatan Hari Lansia Nasional 2020 dapat meningkatkan kualitas hidup lansia menjadi lebih sehat, bahagia dan penuh semangat.


Semoga dengan peringatan Hari Lansia Nasional 2020 dapat meningkatkan kualitas hidup lansia menjadi lebih sehat, bahagia dan penuh semangat.