MENGENAL HIDUP BERSIH & SEHAT MELALUI DONGENG

Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) melaksanakan edukasi kelompok di rawat inap dan rawat jalan setiap bulannya. Profesional Pemberi Asuhan (PPA) yang tediri dari dokter, perawat, bidan, farmasis, nutrisionis dan tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) bekerjasama dalam memberikan informasi terkait hidup bersih dan sehat yang dilaksanakan Jumat, tanggal 31 Januari 2020 di ruang anak. Tim edukasi PKRS berkolaborasi dengan PPA dan yayasan non profit Singkawang yaitu “Kampung Dongeng”yang terdiri dari Kak Ega, Kak Acik dan Kak Kanfi mengusung tema “Anak Sehat Dengan Ilmu Yang Bermanfaat”.


Pelaksanaan sasaran anak sehat dengan ilmu yang bermanfaat adalah anak-anak yang dirawat di bangsal anak. Dongeng dibawakan dengan menggunakan media boneka yang cantik nan lucu bernama Sasa. Kak Ega mendongengkan sebuah cerita petualangan bersin yaitu cerita penularan penyakit flu yang kumannya bertebaran kemana-mana karena tidak dilakukan pencegahan dan pemutusan rantai infeksi dengan cara yang tepat.


Gelak tawa anak-anak memenuhi ruangan edukasi sambil mendengar suara imut boneka cantik Sasa dan tersenyum bahagia. Mengurangi kesakitan yang dirasakan anak-anak pada masa pemulihan kesehatan. Setelah pertunjukan dongeng dari Kak Ega, dkk berserta boneka Sasa masih dilanjutkan dengan edukasi dari pihak RSUD dr. Abdul Aziz yaitu tim PKRS, Nutrisionis, dan PPI terkait kebersihan diri & lingkungan, nutrisi yang baik bagi anak-anak, dan hand hagine serta etika batuk yang baik dan benar.


Hasil dari kegiatan ini anak-anak dapat menyebutkan sumber penularan penyakit, bagaimana cara penularan, melakukan demonstrasi 6 langkah cuci tangan & etika batuk. Harapan dari edukasi kali ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan terkait pencegahan penyakit menular dan meningkatkan daya imajinasi anak. Semoga kedepannya kegiatan ini tetap berjalan dan terjadwal untuk mengurangi dampak hospitalisasi.