MENUJU LANSIA SEHAT, BAHAGIA, SEMANGAT (HEBAT) RSUD dr. ABDUL AZIZ KOTA SINGKAWANG

Salam Lansia Hebat (Sehat, Bahagia, Semangat)

RSUD dr. Abdul Aziz menyelenggarakan kegiatan kelas lansia sebagai upaya pemberdayaan masyarakat risiko tinggi. Kelas lansia diadakan sebulan sekali di awali dengan registrasi pendaftaran peserta hadir, kemudian mengisi KMS (Kartu Menuju Sehat) Lansia Hebat 2020. Lansia mendapatkan pemeriksaan kesehatan antara lain mengukur tekanan darah, GDS (Gula Darah Sewaktu), dan IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah dilakukan test pemeriksaan kesehatan para lansia memperoleh baju olahraga dan mengajak mereka melakukan aktivitas fisik senam ringan untuk kebugaran diperagakan oleh instruktur senam lansia yaitu Ibu Astuti Lestari, S.ST.
Kelas lansia di buka oleh Direktur RSUD dr.Abdul Aziz yaitu dr.Ruchanihadi, SP.Pd dan didampingi Ketua Tim Geriatri yaitu dr. Hartono, SP.Pd pada tanggal 15 Februari 2020. Puncak kegiatan kelas lansia hari ini adalah pemberian edukasi mengenai materi yang sedang mewabah di dunia yaitu “Infeksi Virus Corona (Covid-19)”. Sebelum diberikan edukasi, peserta wajib mengisi pre-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan. Kegiatan ini melibatkan interdisiplin profesional sebagai narasumber antara lain :

  1. dr. Ari Prabowo, Sp.P dari profesional medis dengan materi pedoman kesiapsiagaan menghadapi infeksi novel corona virus (2019 nCov)
  2. Bapak Edi Rosyadi, S.Gz dari profesional nutrisionis dengan materi cara mengolah makanan dan diet yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari virus corona
  3. Ibu Ns.Ida Widyanti, S.Kep dan Ibu Asmi Hayati, A.Md.Kep dari tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) dengan materi hand hagine cuci tangan 6 langkah dan cara penggunaan masker yang baik.
    Setelah edukasi selesai, untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta maka diberikan post test. Harapan dari edukasi ini adalah para lansia dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam menangani wabah virus corona tersebut.
    Akhir dari semua kegiatan adalah pemberian doorprize kepada kategori lansia yang memiliki 1.Hasil pemeriksaan fisik normal yaitu :
    a.Ibu Raulina Kristina Saragih (84 th)
    TD : 135/73 mmHg
    GDS : 112
    BB : 38,9 kg
    TB : 140 cm
    IMT : 19,85
    b.Ibu Nirwana (66 th)
    TD : 140/75 mmHg
    GDS : 144
    BB : 56 kg
    TB : 159 cm
    IMT : 22,15 2.Nilai peningkatan pengetahuan (pre-post test) yaitu Ibu Etty (Score tertinggi pertama 33,4) , Bapak Marhaban, Ibu Mareta, Ibu Nur Hasiana, Ibu Rumiyati, Bapak Supangkat, Bapak Effendi Achmad, dan Bapak Hidayat (Score tertinggi kedua 16,5)
    Semoga kegiatan kelas lansia dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih sehat, bahagia dan penuh semangat.
Senam Lansia
Edukasi Infeksi Virus Corona
Edukasi hand hagine cuci tangan 6 langkah dan cara penggunaan masker yang baik.
Edukasi cara mengolah makanan dan diet yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari virus corona
Pemberian door prize nominasi hasil pemeriksaan fisik normal
Pemberian door prize nominasi nilai peningkatan pengetahuan (pre-post test)
Penutupan Kelas Lansia 15 Februari 2020