PERESMIAN LABORATORIUM PCR RSUD dr. Abdul Aziz KOTA SINGKAWANG

Pemerintahan Kota Singkawang memiliki gedung laboratorium PCR mandiri, sebelumnya hanya memiliki alat pemeriksaan secara TCM (Tes Cepat Molekuler). Kapasitas laboratorium PCR tersebut bisa memeriksa hingga 100 sampel swab dalam sekali pemeriksaan. Selain dapat mendeteksi virus corona, laboratorium PCR ini juga dapat mendiagnosa penyakit lainnya seperti : infeksi HIV, Hepatitis C, Infeksi Cytomegalovirus, Infeksi HPV, Gonore Klamidia, Lyme Pertusis.


Sabtu, 27 Februari 2021 pukul 07.00 pagi Direktur RSUD dr. Abdul Aziz yaitu dr. Ruchanihadi, Sp.PD dan Ibu Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie beserta Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Bapak Harisson melakukan penguntingan pita sebagai bentuk peresmian dan ungkapan bahagia atas berdirinya laboratorium PCR sebagai fasilitas layanan di rumah sakit rujukan Covid-19. Acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang yaitu Bapak Sumberanto Tjitra, Jajaran Managemen dan para petugas kesehatan RSUD dr. Abdul Aziz.


Lokasi gedung laboratorium PCR yang sangat strategis yaitu di depan RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang. Sehingga, dalam pelayanan diharapkan bisa memberikan hasil yang memuaskan dalam pemeriksaan sampel swab dari segi tempat, waktu dan biaya yang relatif lebih baik dan cepat. Semoga dengan adanya Laboratorium PCR dan fasilitasnya dapat memberikan pelayanan paripurna pada masa pandemi Covid-19, meningkatkan kapasitas jumlah pemeriksaan, mempercepat diagnosis yang tepat, contact tracing dan pemutusan rantai penularan.