RSUD dr. Abdul Aziz Melaksanakan Edukasi Pada Jamaah Haji Kota Singkawang

RSUD dr.Abdul Aziz memberikan edukasi pada Jamaah Haji setibanya di Singkawang yang bertempat di rumah dinas Sekda Singkawang. Tim RSUD dr. Abdul Aziz terdiri dari dokter spesialis paru dr.Ari Prabowo, Sp.P, Komite Pencegahan dan Pengendali Infeksi (PPI) dan Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS).

Menurut dr. Ari Prabowo, Sp.P, “Middle East respiratory syndrome coronavirus (umumnya disebut sindrom pernapasan Timur Tengah, MERS, atau MERS-CoV) adalah infeksi virus pada paru-paru karena coronavirus. Inang (Virus Mers ) terdapat pada hewan, khususnya unta. Virus ini menyebar dari hewan ke manusia atau dari manusia ke manusia lain melalui kontak langsung atau dapat melalui percikan dahak (droplet) saat batuk dan bersin. Selain itu, secara tidak langsung melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus. Gejala yang ditimbulkan menyerupai flu, demam, batuk, sesak dan diare. Masa inkubasi penyakit ini selama kurang lebih 14 belas hari.

dr. Ari Prabowo, Sp.P juga memaparkan virus Mers ini lebih mudah menyerang para lanjut usia dikarenakan kekebalan tubuhnya lemah dan pengidap penyakit kronis, misalnya diabetes atau penyakit paru sehingga mudah terserang penyakit. Pengobatan Mers Cov sampai saat ini belum bisa ditemukan. Sebagai tindakan preventif dan promotif disarankan agar dapat menjaga Prilaku Hidup Besih dan Sehat (PHBS).

Komite Pencegahan dan Pengendali Infeksi (PPI) dan Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) memberikan edukasi kepada jamaah haji dalam tindakan pencegahan terkait memutus mata rantai virus Mers Cov melalui kebersihan tangan dengan 6 langkah dan penerapan etika batuk serta bersin. Harapan kedepannya jamaah haji tetap sehat setelah tiba dari tanah suci.