RSUD dr.Abdul Aziz Terapkan Program Kelas Ibu

Masa nifas adalah dua jam setelah kelahiran placenta sampai enam minggu berikutnya. Diperlukan perawatan berkelanjutan pada ibu pasca melahirkan salah satunya melalui kegiatan senam nifas. Senam nifas merupakan latihan gerak yang dilakukan segera mungkin setelah kelahiran, supaya otot-otot mengalami perenggangan selama kehamilan dan kembali seperti semula (Ervinasby, 2008).

Oleh karena itu, RSUD dr. Abdul Aziz melaksanakan senam nifas untuk mendapatkan asupan oksigen yang cukup, memberi tenaga, mengurangi kelelahan, memperlancar sirkulasi darah dan mencegah bengkak pada kaki. Kagiatan ini untuk memenuhi kebutuhan layanan rumah sakit ibu dan bayi dimana data jumlah pasien nifas tahun 2018 sebanyak 1.364 orang.Singkawang.

Acara pembukaan kelas ibu dibuka pada hari Selasa 16 April 2019 yang dibuka langsung oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz, dr. Carlos Dja’afara, M.Kes dan dokter spesialis kandungan, dr. Herling F.Junus, Sp.OG,hadir staf Manajemen dan jajaran rumah sakit. Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh tujuh orang ibu pasca melahirkan.

Sebagai tidak lanjut dari acara tersebut, pihak rumah sakit telah berkomitmen akan membuat klub senam nifas setiap bulan. Kegiatan ini untuk mendukung program nasional dalam akreditasi SNARS edisi 1 tahun 2019 dalam upaya promosi kesehatan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi.