Selayang Pandang

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Aziz adalah salah satu SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Singkawang yang merupakan unsur penunjang penyelenggaraan pemerintah daerah dibidang Pelayanan Kesehatan.

Sebagai salah satu satuan kerja pemerintahan daerah dilingkungan Pemerintah Kota Singkawang yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD), dibentuk untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berdasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, pleksibilitas dalam pengelolaan keuangan yang sejalan dengan praktek bisnis yang sehat.

Rumah Sakit adalah suatu institusi pelayanan kesehatan yang komplek, padat pakar, padat modal dan padat tekhnologi. Kompleksitas ini muncul dikarenakan pelayanan dirumah sakit menyangkut berbagai fungsi, antara lain Pelayanan, Pendidikan dan Penelitian mencakup berbagai tingkatan maupun jenis disiplin pelayanan.

Agar Rumah Sakit mampu melaksanakan fungsi yang demikian komplek, Rumah Sakit harus memiliki Perangkat Penunjang Sumber Daya Manusia yang Profesional baik bidang Pelayanan Medis, Keperawatan, Kesehatan Lainnya maupun Administrasi.

Kota Singkawang terletak disebelah Utara Provinsi Kalimantan Barat, sebelum pemekaran wilayah Kota Singkawang merupakan bagian dari Kabupaten Sambas.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2001 tentang pembentukan Pemerintah Kota Singkawang (Lembaran Negara RI Nomor 4119). Secara geografis letak kota Singkawang berada pada:

0º44’55’85 “ 01º 01º, 21, 51 LT dan 108 º 51, 47, 6 º- 01 º 01, 21, 5” BT
  • Sebelah Utara kota Singkawang berbatasan dengan Kabupaten Sambas,
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang,
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang dan
  • Sebelah Barat dengan laut natuna.

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Singkawang diperoleh informasi jumlah penduduk Kota Singkawang sampai dengan bulan Desember tahun 2016 adalah sebanyak :

257.437 jiwa

Kota Singkawang terdiri dari 5 kecamatan dan 26 kelurahan, adapun luas dari masing-masing kecamatan dan jumlah Kelurahan sebagai berikut :

Adapun jumlah Penduduk di tiap Kecamatan adalah sebagai berikut :

Dalam melaksanakan kegiatan Pemerintahan Kota Singkawang dibantu oleh beberapa SKPD, salah satunya dari SKPD tersebut adalah Rumah Sakit Umum Daerah dr. Abdul Aziz yang memberikan Pelayanan Publik khusus bidang Kesehatan bagi masyarakat Singkawang maupun masyarakat di wilayah sekitarnya.