PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2020 DENGAN TEMA MELINDUNGI ANAK UNTUK INDONESIA MAJU MELALUI SIARAN RADIO

Siaran Radio Dalam Rangka Memperingati Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli. Hari anak merupakan event penting yang bertujuan untuk menghormati hak-hak anak di seluruh Indonesia. Hari anak tahun ini terasa berbeda karena berada ditengah pandemi Covid-19. Virus corona penyebab Covid-19 bisa menjangkiti siapa saja tak terkecuali anak-anak.

Berhubungan dengan hal tersebut, RSUD dr. Abdul Aziz mengadakan talkshow kesehatan seputar bayi dan anak dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan untuk melindungi agar anak-anak terhindar dari Covid-19. Kegiatan ini dilakukan pada hari kamis, 30 Juli 2020 pukul 12.30 – 14.30 WIB bertempat di Radio Swara Pendidikan Singkawang (Rapensi).

Adapun pembicara pada kegiatan kali ini adalah:

  1. dr. Stevie Adi Susanto, Sp. A, selaku Dokter Spesialis Anak membawakan tema melindungi anak dari Covid-19.
  2. Ibu Astuti Lestari, S.ST, selaku Kepala Ruang Perawatan Perinatologi membawakan tema Perawatan Bayi Baru Lahir Di Masa Pandemi Covid-19.
  3. Ibu Ns. Henti Suheriani, S.Kep, selaku Kepala Ruang Perawatan Anak membawakan tema Perawatan Menyenangkan Pada Anak Di Rumah Sakit.

Adapun pesan informasi dan edukasi pada kegiatan kali ini adalah:

  1. Anak wajib mendapatkan imunisasi selama pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.
  2. Lakukan protokol kesehatan sebelum menyusui dan memerah ASI.
  3. Penularan covid-19 melalui percikan droplet.
  4. Untuk bayi yg ibu rapid reaktif ataupun positif diasuh oleh pengasuh yang sehat dengan memberikan ASI perah.
  5. Anak yang terpaksa harus dirawat di Rumah Sakit didampingi oleh orang tua atau keluarga terdekat untuk meminimalisir dampak hospitalisasi setelah anak pulang ke rumah.