Siaran Radio Tentang ISPA dari Tim RSUD dr. Abdul Aziz

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menyebabkan bencana kabut asap yang mencemari udara dan mengganggu pernapasan. Salah satu kota yang terkena dampak karhutla adalah Kota Singkawang. Untuk menaggapi isu yang sedang hangat diperbincangkan, RSUD dr. Abdul Aziz atas permintaan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang melakukan edukasi siaran radio.

Kegiatan ini dilaksanakan hari Senin tanggal 23 September 2019 di Radio Swara Pendidikan Singkawang (Rapensi). Pembicara pada kegiatan ini adalah:

  • dr. Ari Prabowo, Sp. P selaku dokter spesialis paru RSUD dr. Abdul Aziz yang membawakan tema tentang Infeksi Saluran Pernapasan Atas Sebagai Dampak Kesehatan Akibat Kabut Asap dan Penanganannya.
  • dr. Ranti Waluyan selaku dokter IGD RSUD dr. Abdul Aziz yang membawakan tema tentang Kegawatdaruratan Sistem Pernapasan.
  • Ibu Ns. Ida Widyanti, S.Kep selaku IPCN RSUD dr. Abdul Aziz yang membawakan tema tentang penggunaan masker yang tepat untuk mencegah ISPA akibat kabut asap.

8 Pesan Edukasi Kesehatan untuk Bencana Asap

Pesan edukasi kali ini dalah upaya melindungi diri dari bencana asap antara lain:

  1. Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernapasan.
  2. Jika terpaksa pergi keluar rumah/gedung maka sebaiknya menggunakan masker.
  3. Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering.
  4. Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, berkonsultasilah kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi.
  5. Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, dan istirahat yang cukup.
  6. Upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya.
  7. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik.
  8. Sayuran dan buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi, begitu pula dengn bahan makanan dan minuman perlu dimasak dengan baik.