Studi Banding Akreditasi RSUD Pemangkat ke RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang

RSUD dr. Abdul Aziz mendapat kunjungan dari RSUD Pemangkat pada Kamis, 13 Februari 2020. Tim RSUD Pemangkat terdiri dari sembilan orang yaitu Kepala Bidang Pelayanan Medis, Kepala Seksi Rawat Jalan, Kepala Ruang Instalasi Gawat Darurat, Dokter, Perawat, Apoteker, Nutrisionis, dan Fisioterapis. Kedatangan tim RSUD Pemangkat untuk mengetahui pelaksanaan Program Nasional (PROGNAS) khususnya pelayanan geriatri.


Sejarah pelayanan geriatri dimulai sejak 19 September 2019 dan terus berkembang sampai saat ini dengan pelayanan poli geriatri, pemberdayaan masyarakat lansia dengan adanya kelas lansia, kunjungan masyarakat, dan home care sesuai standar akreditasi yaitu pengembangan lansia berbasis rumah sakit. Ketua Tim Geriatri dr. Hartono, Sp.PD, Sekretaris Tim Geriatri Veronika Yessy, A.Md.Kep, Sekretaris Pokja Prognas Hellen Sagita S.TKeb memberikan informasi terkait pelayanan poli geriatri tingkat sederhana yang telah dilaksanakan selama ini.


Setelah melakukan diskusi dan sharing pengalaman mengenai pelayanan geriatri, tim akreditasi RSUD Pemangkat juga menilik dokumen-dokumen yang diperlukan dalam memenuhi penilaian SNARS Edisi 1.1. Mereka juga menyempatkan waktu telusur ke lapangan yaitu meninjau alur pelayanan dari pendaftaran, poli geriatri, dan pelayanan farmasi. Semoga dengan adanya studi banding ini, kami pihak RSUD dr. Abdul Aziz dapat memberikan secara maksimal ilmu dan pengalaman mengenai penilaian akreditasi agar dapat diterapkan dan dilaksanakan lebih baik oleh RSUD Pemangkat.