Tips Memilih Bahan Makanan Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu pintar-pintar memilih asupan makanan. Pasalnya, tubuh penderita diabetes tidak dapat menghasilkan insulin sehingga tubuh akan kesulitan menyerap gula. Jika penderita diabetes salah mengonsumsi makanan bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat, karena itu dengan memilih bahan makanan yang tepat, kadar gula darah akan lebih mudah untuk dikontrol. 

Diabetes sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1, dimana tubuh sama sekali tidak bisa memproduksi insulin. Penderita diabetes jenis ini sekitar 10 persen dari kasus diabets di seluruh dunia. Berikutnya adalah diabetes tipe 2 dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Sekitar 90 persen penderita diabetes di dunia masuk dalam golongan ini.

Bagi penderita diabetes secara umum, makanan yang baik adalah makanan yang kaya nutrisi, rendah lemak dan kalori, diimbangi dengan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi antara lain:

1. Karbohidrat kompleks 
Sumber karbohidrat yang baik adalah buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak. Hindari produk karbohidrat rafinasi seperti roti putih, nasi putih yang akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

2. Ikan dan daging tanpa lemak
Daging rendah lemak merupakan asupan protein yang baik bagi penderita diabetes. Daging mengandung protein tinggi sehingga tidak meningkatkan gula darah seperti karbohidrat. Sumber protein yang juga baik adalah ikan dan dada ayam tanpa kulit.

3. Makanan berserat
Makanan kaya serat selain baik untuk mengendalikan gula darah juga baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Contoh makanan kaya serat antara lain sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan tepung gandum.

4. Kayu manis
Sebuah studi di Jerman menyebutkan bahwa ekstrak kayu manis mampu mengurangi kadar gula darah pada pasien diabetes. Kayu manis disebut memiliki efek serupa dengan insulin untuk membantu mengurangi tingkat gula darah. Selain itu, menyeduh kayu manis juga bisa menghangatkan tubuh dan membuat tubuh lebih rileks.

Selain dari bahan-bahan makanan di atas, bagi penderita diabetes yang ingin mengonsumsi gula, Anda dapat menggunakan pengganti gula yang aman bagi kadar gula Anda. Beberapa di antaranya adalah pemanis buatan seperti aspartam, advantam, sakarin, sukralos dan acesulfam. Pemanis buatan ini boleh diberikan asal tidak berlebihan. Untuk mengetahui dosis yang tepat, konsultasikan selalu dengan dokter atau ahli gizi yang Anda percaya.(sumber:doktersehat.com)