RSUD dr. Abdul Aziz Melaksanakan Workshop Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu dan Keselamatan Pasien

Profesional pemberi asuhan (PPA) dihadapkan dengan perubahan paradigma dalam mutu layanan rumah sakit. Layanan rumah sakit saat ini difokuskan pada pelayanan berbasis pasien (patient centered care), manajemen pemberian pelayanan dan keselamatan pasien. Kondisi tersebut menuntut PPA mempunyai kompeten dalam memberikan pelayanan asuhan bagi pasien dan keluarga dikarenakan satu pasien akan bertemu dengan 15 petugas rumah sakit selama proses perawatan. Selain itu komunikasi menjadi penyebab utama timbulya kejadian tidak diinginkan di rumah sakit selama proses asuhan keperawatan (Joint commision Internatiol acredition, 2012).

Kondisi tersebut menuntut PPA mempunyai kompeten dalam memberikan pelayanan asuhan bagi pasien dan keluarga dikarenakan satu pasien akan bertemu dengan 15 petugas rumah sakit selama proses perawatan. Selain itu komunikasi menjadi penyebab utama timbulya kejadian tidak diinginkan di rumah sakit selama proses asuhan keperawatan (Joint commision Internatiol acredition, 2012).

Guna meningkatkan komunikasi yang baik dan benar antar satu sama lain, RSUD dr. Abdul Aziz kembali menggelar “Workshop Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien”. Workshop ini dilaksanakan selama tiga hari, pada tanggal 29 Juli sampai dengan 31 Juli 2019 dan dibuka langsung oleh Direktur RSUD dr. Abdul Aziz bapak dr. Carlos Dja’afara, M.Kes.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh peserta yang juga pegawai atau karyawan RSUD dr. Abdul Aziz sebanyak 60 orang. Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari The National Network of Health Promoting Hospital & Health Services yaitu Bapak dr. Bahrul Anwar , MKM dan Ibu Sri Nenggih Wahyuni, S.IP, MA serta fasilitator acara trainer promosi kesehatan rumah sakit dan kelompok kerja pendidikan pasien keluarga. Dari kegiatan workshop komunikasi efektif terjadi peningkatan kognitif sebesar 60%.

Materi yang disampaikan oleh Narasumber antara lain yaitu :

  1. Peran Promosi Kesehatan Rumah Sakit Untuk Kesejahteraa Pasien
  2. Komunikasi Efektif & Perannya dalam Keselamatan Pasien
  3. Standar Manajemen Komunikasi Informasi Edukasi SNARS Edisi 1
  4. Teori Komunikasi Intra & Interpersonal
  5. Komunikai Informasi Edukasi dalam tim asuhan
  6. Teori dan Metode Komunikasi Efektif dengan pasien
  7. Role Play Komunikasi dalam praktik

Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah adanya sosialisasi dari peserta yang mengikuti workshop komunikasi efektif kepada Profesional Pemberi Asuhan (PPA) di instalasi dan unit perawatan setelah kegiatan workshop komunikasi efektif dalam jangka waktu 1 bulan.